AdsNuffnang

Rabu, 28 November 2012

Melahirkan di Usia Tua Tingkatkan Risiko Alergi Makanan pada Anak

Kehamilan di usia tua diketahui memiliki berbagai risiko kesehatan bagi kesehatan bayi maupun ibu. Bahkan baru-baru ini, sebuah penyelidikkan menunjukkan bahwa seorang ibu yang melahirkan secara normal di usia yang lebih tua telah terkait terhadap risiko alergi makanan pada anak.

Sebuah penyelidikkan menunjukkan bahwa anak-anak yang alergi terhadap suatu hal tertentu, memiliki bakteri patogen seperti Clostridium difficile dan Staphylococcus aureus yang lebih tinggi dan memiliki tingkat yang lebih rendah terhadap bakteri probiotik seperti Bifidobacteria.

Padahal bakteri Bifidobacteria membantu mempromosikan toleransi terhadap antigen nonbacterial, terutama dengan menghambat perkembangan respons proallergic. Penelitian yang dilakukan di Pennsylvania State University College of Medicine, Amerika Serikat, menyarankan bahwa suplemen probiotik mungkin dapat membantu mengobati gangguan alergi.

Sebuah penyelidikkan kemudian dilakukan untuk menyelidiki apakah jumlah flora usus pada anak dipengaruhi oleh perinatal (dari 20-28 minggu kehamilan sampai 1-4 minggu setelah kelahiran) dan faktor lain seperti kelahiran caesar, penggunaan antibiotik, dan waktu perawatan neonatal di rumah sakit.

Peneliti meninjau catatan kelahiran terhadap 192 anak sehat dan 99 anak yang didiagnosis dengan alergi makanan, serta catatan yang berkaitan dengan metode persalinan, paparan antibiotik perinatal, dan sebagainya. Penelitian ini dilaporkan dalam Journal Nutrition, bersumber Medindia.

Hasil penyelidikkan menunjukkan bahwa paparan antibiotik perinatal, waktu perawatan neonatal, dan persalinan caesar tidak terkait dengan peningkatan risiko alergi makanan. Selain itu, bayi laki-laki jauh lebih berisiko terhadao alergi makanan dibandingkan bayi perempuan.

Secara mengejutkan, hasil penyelidikkan tersebut juga menunjukkan bahwa usia ibu yang lebih tua pada saat persalinan berkaitan dengan jumlah flora usus pada bayi dan lebih berisiko terhadap alergi makanan.

Hal ini terjadi karena bayi telah dijajah oleh mikroba usus saat lahir, yang berasal dari usus ibu dan saluran vagina. Wanita yang lebih tua dan melahirkan melalui vagina diketahui memiliki bakteri baik Bifidobacteria dan Lactobacilli yang lebih sedikit, sehingga anak lebih rentan terhadap alergi.hd

 

0 komentar:

Posting Komentar