AdsNuffnang

Selasa, 08 Januari 2013

Sering Lambat Datang Bulan? Mungkin Ini Salah Satu Penyebabnya

Seharusnya menstruasi atau haid datang secara teratur setiap bulannya. Tapi pada perempuan tertentu kadang menstruasi datang telat atau terundur dari tanggal seharusnya. Jika ini terjadi, mungkin salah satu hal ini penyebabnya.

Menstruasi umumnya memiliki siklus 28 hari yang mana sel telur tidak dibuahi sehingga rusak. Tapi ada banyak faktor yang boleh mempengaruhi siklus menstruasi seorang perempuan.

Jika telat haid hanya terjadi sesekali saja mungkin tidak menjadi masalah. Tapi kadang seorang perempuan seringkali mengalami keterlambatan haid, boleh jadi salah satu hal ini penyebabnya, sumber dari Timesofindia, yaitu:

1. Terlalu Stres
Stres adalah salah satu penyebab haid datang terlambat. Perempuan yang memiliki gaya hidup sangat sibuk dan stres boleh menyebabkan malapetaka bagi tubuh karena mempengaruhi hormon, seperti haid yang terlambat datang.

2. Perubahan Jadwal dan Rutinity
Perubahan jadwal atau rutinity bahkan yang sederhana boleh menjadi alasan keterlambatan haid. Hal ini karena tubuh mencoba beradaptasi dengan perubahan jadwal tersebut, dan hormon tubuh diketahui bersifat sangat sensitif terhadap perubahan.

3. Olahraga Berlebihan
Olahraga yang terlalu intensif atau berlebihan dan berat boleh mempengaruhi menstruasi. Hal ini karena latihan dapat meninggikan metabolisme, sedangkan metabolisme ini bertanggung jawab mempertahankan reaksi dasar kimia dalam tubuh seperti menstruasi.

4. Konsumsi Pil Perancang
Pil Perancang boleh mempengaruhi aliran menstruasi, banyak perempuan menggunakan pil perancang untuk mengatur jadwal menstruasinya seperti menunda atau mencegah datangnya haid. Namun penggunaan pil Perancang terkadang juga memiliki dampak menstruasi yang tidak teratur.

5. Hamil

Pada pasangan menikah, keterlambatan haid boleh menjadi kabar gembira karena ada kemungkinan si istri tengah hamil. Salah satu cara untuk mengetahuinya adalah dengan menggunakan alat tes kehamilan rumah yang boleh dilakukan sendiri. Jika hasilnya membingungkan atau untuk memastikan, tak ada salahnya berjumpa dengan doctor.

 

0 komentar:

Posting Komentar