AdsNuffnang

Minggu, 01 Januari 2012

Cepat Penat Mungkin?


Selain karena disebabkan oleh adanya gangguan kesehatan atau penyakit, ada beberapa penyebab utama yang membuat Anda merasa cepat penat.  

Inilah beberapa di antaranya :


Kurang tidur 
Kurang tidur satu jam saja di malam hari boleh membuat Anda  penat dan tak boleh mengatur rutiniti harian. Kondisi ini boleh jadi karena Anda tidak mungkin tidur lebih cepat atau sudah masuk bilik, tetapi tak boleh tidur dengan baik. Semakin tua, kian sulit untuk tidur tanpa gangguan. Praktikkan pola tidur yang baik. Hindari makan, membaca, atau menonton televisi di tempat tidur. Bila sulit tidur, coba ke ruangan lain, membaca atau santaikan diri hingga mengantuk. 

Stres dan cemas 
Bila Anda bekerja dari satu tugas ke tugas berikutnya tanpa beristirahat, jelas memenatkan. Menjalani hidup dengan rasa cemas dapat membuat stres juga. Beristirahat adalah yang Anda butuhkan untuk mengatasinya. Cara mudah mengurangi stres adalah membuat prioriti dan mengorganisasi aktiviti. Luangkan waktu setiap hari untuk melakukan hal-hal yang Anda senangi.Anda juga boleh bangun 15 menit lebih awal untuk memberi waktu lebih banyak untuk memulai hari baru. Di tempat kerja, Anda kontrol ketegangan yang muncul. Realisticlah dengan keterbatasan Anda. Istirahatlah sambil melakukan peregangan sesaat, selama beberapa kali.  

Kurang aktif 
Anda merasa terlalu penat untuk bersukan, sehingga memutuskan untuk tidak melakukannya. Ini tidak tepat. Meluangkan waktu untuk beraktiviti fisik selama 30 menit atau lebih selama beberapa hari dalam seminggu, justru boleh menurunkan stres, memperbaiki suasana hati, dan membuat bertenaga. 
Mulailah dengan berjalan kaki selama 10 menit, berangsur-angsur meningkat hingga 30 menit bahkan lebih. Sebagai catatan, 30 menit merupakan aturan minimal. Anda butuh aktiviti sedang selama satu jam untuk mempertahankan kesegaran dan berat badan sehat. Sebaiknya tidak menjadwalkan waktu bersukan terlalu dekat dengan waktu tidur karena dapat membuat Anda malah sulit tidur. 

Pemakanan 
Pemakanan yang tidak Betul atau tidak cukup minum membuat tubuh tidak mendapat cecairan yang dibutuhkan. Mulai hari Anda dengan sarapan rendah lemak dan tinggi serat. Jauhi sereal penuh gula maupun minuman berkafein. Meminum kafein akan menjadi bumerang bagi diri Anda dan membuat semakin penat. Minuman berkafein sebaiknya tidak diminum menjelang tidur.

Kafein tak hanya membuat sulit tidur, tetapi juga mengganggu jam tidur. Satu hal lagi, kafein juga bersifat diuretik, sehingga membuat sering berkemih. Bila tidak minum lagi boleh mengalami dehidrasi. 
Yang juga perlu diperhatikan, jangan melewatkan waktu makan. Isi tubuh Anda setiap 3-4 jam. Hindari alkohol karena akan menekan sistem saraf pusat, sehingga membuat Anda penat hingga beberapa jam berikutnya. 

Memakan obat-obatan tertentu 
Sejumlah obat-obatan, termasuk betabloker dan antihistamin, boleh menimbulkan kepenatan. Beberapa obat selsema dan obat tahan sakit juga mengandung kafein dan stimulan lain, yang akan membuat Anda terjaga di malam hari. K

 


0 komentar:

Posting Komentar